Antara Cheng Ho & Jack Sparrow, Dua Pelaut Muslim Legendaris



Adakah persamaan Jack Sparrow dengan Cheng Ho? Ternyata ada!

Siapa sangka Jack Sparrow dalam film "Pirates of the Caribbean" adalah seorang muallaf. Lahir di daratan Inggris, merompak di perairan Eropa, kemudian ia melarikan diri ke Tunisia dan mengenal Islam di sana.

Saat itu, Tunisia di bawah kekuasaan Turki Ottoman. Ya, Jack Sparrow adalah seorang Muslim. Nama aslinya Jack Ward/John Ward.

Terus, bagaimana dengan Cheng Ho? Sama seperti Jack Sparrow, Cheng Ho adalah pelaut Muslim. Bedanya, Cheng Ho bukan muallaf, bahkan ia salah satu penyebar agama Islam.

Berbagai bukti sejarah menunjukkan bahwa penyebar agama Islam di Nusantara berasal dari Timur Tengah, Gujarat, dan Cina (Tiongkok).

Penyebar agama Islam yang terkenal dari Cina adalah Laksamana Cheng Ho (Zheng He). Menurut Matt Rosenberg, ekspedisi laut Cheng Ho dihelat puluhan tahun lebih awal ketimbang tiga pelaut kebanggaan Barat, yaitu Christopher Columbus, Vasco da Gama, dan Ferdinand Magellan. Tercatat, Cheng Ho tujuh kali melawat Nusantara. Jelas sudah, Cheng Ho bukan penjelajah ecek-ecek.

Lahir di Provinsi Yunan, Cheng Ho dibesarkan dalam keluarga Muslim dan ayahnya sudah berhaji. Jelas sudah, Cheng Ho bukan muslim ecek-ecek. Bukan pula muslim KTP. Wong, saat itu belum ada KTP, hehehe.

Ketika ke Samudera Pasai, Cheng Ho sempat memberi lonceng besar Cakra Donya kepada sultan setempat, yang kini tersimpan di museum di Banda Aceh. Alhamdulillah, saya pribadi pernah berkunjung ke Samudera Pasai, lokasi kerajaan Islam pertama di Indonesia.

Ketika ke Cirebon, Cheng Ho sempat memberi piring bertulis Ayat Kursi kepada sultan setempat, yang kini tersimpan di Keraton Kasepuhan Cirebon. Di antara kita pasti banyak yang pernah berkunjung ke sana.

Tulisan ini boleh Anda share. Kadang #sejarah perlu kita telusuri. Dengan begini, niscaya akan terpetik hikmah di sana-sini. Dan akhirnya, saat melihat perbedaan, kita masih bisa memahami dan berempati.

Sekian dari saya,

Ippho Santosa.

__

Referensi:

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Jack_Ward

https://id.wikipedia.org/wiki/Cheng_Ho

COMMENTS

Name

Agama,6,Akhir Zaman,10,Dakwah,3,Entertaiment,4,Erdogan,1,Fenomena,6,habib riziq,2,Hikmah,7,Indonesia,962,Inspirasi,7,International,64,Islami,2,Kesehatan,6,kisah,2,Kota,2,Lebaran,7,Media,29,Mualaf,2,MUI,1,Muslimah,3,Nasehat,7,Pakistan,2,Pendidikan,4,Pilgub,1,Politik,8,Sedekah,1,Sejarah,4,tech,1,Tionghoa,1,Tranding,1,Uang,1,Ulama,3,Unik,3,viral,1,zakir naik,7,
ltr
item
SILAKAN SHARE: Antara Cheng Ho & Jack Sparrow, Dua Pelaut Muslim Legendaris
Antara Cheng Ho & Jack Sparrow, Dua Pelaut Muslim Legendaris
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9S2BmhItd_lcHY5vC_2iNkFMW1jwWjlgL_Aot7PKqFcFITuw67ZoRcx9ZNxqwnx4sV_igqTtJ_a4eG-SWpbCO0GxS2qn6KhPxwNmZyABWBB7HDkoQDFJD19LUBSR32c6QxNxU4f5DeN4/s640/Screen+Shot+2017-05-27+at+18.39.31.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9S2BmhItd_lcHY5vC_2iNkFMW1jwWjlgL_Aot7PKqFcFITuw67ZoRcx9ZNxqwnx4sV_igqTtJ_a4eG-SWpbCO0GxS2qn6KhPxwNmZyABWBB7HDkoQDFJD19LUBSR32c6QxNxU4f5DeN4/s72-c/Screen+Shot+2017-05-27+at+18.39.31.png
SILAKAN SHARE
https://silahkan-shareee.blogspot.com/2017/05/antara-cheng-ho-jack-sparrow-dua-pelaut.html
https://silahkan-shareee.blogspot.com/
https://silahkan-shareee.blogspot.com/
https://silahkan-shareee.blogspot.com/2017/05/antara-cheng-ho-jack-sparrow-dua-pelaut.html
true
2344850147674009591
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy